Cara Merawat Cat Mobil

Cara Merawat Cat Mobil – Mobil telah menjadi kendaraan pilihan pribadi bagi banyak orang. Dengan demikian tampilan dari sebuah mobil sangat kuat kaitannya dengan karakter, selera dari penggunanya. Hal itu termasuk dari cat mobil yang menjadi pilihan bagi pemiliknya, yang identik dengan minat dan selera dari yang punya kendaraan tersebut.

Cara Merawat Cat Mobil
Cara Merawat Cat Mobil

oleh karena itu, sangat diperlukan aktivitas bagi pemilik mobil yang menjadi rutinitas yaitu melakukan perawatan secara berkala terhadap body mobilnya. Apabila dilakukan terus menerus maka hal tersebut akan memberikan dampak positif pada cat mobil.

Keuntungan lain dari bersihnya cat mobil adalah penghematan biaya. Dengan merawat cat body mobil, maka kita dapat menghemat biaya pengecatan ulang mobil yang sudah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam pengerjaannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara mudah dalam merawat cat mobil Anda :

  1. Hindari paparan sinar UV langsung jika mobil dalam keadaan parkir, terutama ketika kondisi parkir yang membutuhkan waktu yang lama. Carilah tempat parkiran teduh yang memungkinkan mobil anda dalam keadaan sejuk untuk waktu parkir yang cukup lama. Namun jika sulit mencari tempat yang sejuk ada cara alternatif yaitu menggunakan sarung (penutup) mobil agar body mobil terhindar sinar UV secara langsung.
  2. Gunakan shampo atau sabun khusus saat mencuci mobil karena keduanya sudah diproduksi dengan kadar yang sesuai untuk keamanan car mobil Anda. Berbeda dengan sabun atau detergen biasa yang tentu tidak memiliki spesifikasi khusus sebagai sarana untuk membersihkan body mobil. Jika masih tetap menggunakan detergen dan sabun biasa untuk mencuci mobil akan berefek pada body mobil yang terlihat kotor dan tidak indah tampilannya.
  3. Saat membersihkan bodi mobil maka pastikan Anda menggunakan kain yang bersih dan lembut seperti kanebo. Jangan sesekali mencoba membersihkan body mobil menggunakan kain sembarangan apalagi kondisi kain tersebut kotor. Kain yang kotor memungkinkan akan meninggalkan noda dan goresan – goresan kecil ke bagian body mobil. Hal ini akan berimbas buruk pada body mobil.
  4. Siram body mobil terlebih dahulu jika ingin mengelap mobil dalam keadaan yang kering. Karena ketika mobil dalam keadaan kering, sering kali debu dan kerikil masih menempel di bagian body dan jika di lap secara paksa akan menimbulkan baretan dan goresan goresan kecil pada bagian body mobil. Memberi pelumas pada saat melakukan penggelapan body mobil adalah solusi terbaik agar menahan kondisi body tetap terlindungi.
  5. Cucilah mobil anda secara teratur, karena dengan mencuci mobil secara teratur dapat mencegah kotoran menempel terlalu lama pada body mobil. Pencucian mobil dapat dilakukan seminggu sekali pada musim kemarau dan 2 minggu sekali pada musim hujan. Karena efek pada air hujan yang cukup buruk jika dibiarkan sampai mengering di mobil kita. Air hujan mengandung asam yang beresiko memudarkan kualitas cat.

Disamping merawat cat mobil dengan benar, kita juga perlu mengetahui ketebalan dari cat mobil itu sendiri agar dapat melihat sampai sejauh mana kerusakan cat mobil yang kita miliki.

Coating Thickness Gauge merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda termasuk cat yang ada di body mobil. Dengan menggunakan alat ini kita dapat melihat ketebalan dari cat mobil kita dengan sangat efektif dan akurat sehingga kita dapat melihat dan memprediksi sampai berapa lama cat itu akan bertahan dari kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *