Suhu Kamar Untuk Tidur Lelap

Suhu Kamar Untuk Tidur Lelap – Tidur merupakan kebutuhan kita sebagai manusia, dengan tidur yang cukup maka kesehatan kita akan terjaga. Tidur akan mengembalikan kebugaran tubuh dan juga kejernihan pikiran kita.

Suhu Kamar Untuk Tidur Lelap

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas maka tidak hanya pakaian dan tempat tidur saja yang mempengaruhi lelap tidaknya tidur kita, akan tetapi suhu udara saat kita tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur kita.

Setiap orang tentu mempunyai pendapat sendiri tentang suhu kamar yang sesuai untuk tidur mereka. Sebagai contohnya bila Anda sedang berada di kantor pada ruangan yang ber-AC, mungkin dengan suhu yang sama ada orang yang merasa nyaman, namun ada yang merasa kedinginan bahkan ada yang masih merasa kepanasan.

Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada suhu standar dimana semua orang baik laki – laki maupun wanita yang akan merasa nyaman ketika tidur? menurut sebuah studi, suhu terbaik untuk tidur adalah 18 derajat Celcius, hal tersebut dikemukakan oleh Rachel Salas, seorang neurologis dari John Hopkins University yang ahli di bidang pengobatan untuk tidur.

Dengan suhu yang rendah tersebut maka akan membantu inti tubuh Anda jadi lebih normal seiring dengan semakin lelapnya Anda tidur dan ketika mendekati akhir lingkaran waktu tidur, maka suhu tubuh akan naik dan ini menjadi pertanda tubuh untuk bangun tidur.

Suhu udara yang rendah akan membantu tubuh Anda untuk melakukan tugasnya. Namun bila suhu ruangan atau kamar terlalu tinggi maka justru akan mengacaukan suhu alami tubuh dan membuat Anda sulit untuk tidur sepanjang malam dan inilah yang menjadi salah satu pencetus insomnia.

Oleh karena itu pastikan suhu kamar Anda berada di kisaran 18 – 20 derajat celcius, karenanya Anda dapat menggunakan termometer ruangan / data logger untuk memastikan suhu kamar sudah sesuai. Jangan terpaku dengan suhu AC Anda karena suhu AC bukan berarti suhu ruangan Anda. Dengan tidur yang lelap dan berkualitas maka juga akan menunjang kualitas hidup Anda menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *