Minuman Ini Cocok Sebagai Pengganti Alkohol

Air Soda

Air soda atau air berkarbonasi (Inggris: carbonated water, club soda, soda water, atau sparkling water) adalah air yang dikarbonasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbon dioksida di bawah tekanan. Air soda mendapatkan namanya dari garam natrium yang dikandungnya mengatakan senyawa ‘bergaram,’ menambah kualitas yang berbeda bagi sejumlah minuman beralkohol dan tanpa alkohol. Air soda juga merupakan bahan baku bagi long drink dan koktail. Air soda juga bisa langsung diminum. Maka dari itu, mungkin anda ingin menguji kadar soda ataupun alkohol yang ada di dalam tubuh anda dengan menggunakan RHW-25ATC.

Pada tahun 1767, Joseph Priestley dari Inggris menemukan metode memasukkan karbon dioksida ke dalam air ketika menggantung semangkuk air di atas sebuah tong bir di sebuah pabrik bir di Leeds, Inggris. Udara yang menyelimuti bir terfermentasi yang disebutnya sebagai fixed air diketahui dapat membunuh tikus yang digantung di sana. Priestley kemudian mengetahui bahwa air yang telah terkarbonasi memiliki rasa yang enak.

Air itu dihidangkannya kepada teman-temannya sebagai minuman yang menyegarkan. Pada tahun 1772, Priestley menerbitkan sebuah makalah berjudul “Impregnating Water with Fixed Air” yang berisi penjelasan metode meneteskan “oil of vitriol” (asam sulfat) ke atas kapur untuk menghasilkan gas karbon dioksida, dan mencampurkan gas tersebut ke dalam semangkuk air.

Karbon Dioksida

Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi. Rata-rata konsentrasi karbon dioksida di atmosfer bumi kira-kira 387 ppm berdasarkan volume [1] walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena ia menyerap gelombang inframerah dengan kuat.

Karbon dioksida dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon. Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas.

Karbon dioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tekanan di bawah 5,1 atm namun langsung menjadi padat pada temperatur di bawah -78 °C. Dalam bentuk padat, karbon dioksida umumnya disebut sebagai es kering. CO2 adalah oksida asam. Larutan CO2 mengubah warna lakmus dari biru menjadi merah muda.

Es soda gembira Fanta air soda.JPG

Soda Gembira

Soda gembira adalah salah satu minuman khas Indonesia sejenis krim soda yang dibuat dengan cara mencampurkan minuman soda dengan pemanis (susu kental manis, sirup, atau kombinasi lainnya). Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis. Soda Gembira dapat dijumpai di berbagai restoran, depot, warung makan, dan tempat-tempat makan lainnya di Indonesia dengan variasi yang berbeda.

Manfaat Air Soda :

Membantu membersihkan rambut dan kulit kepala

Saat rambut kusut dan tak sempat menyamponya, kita bisa menggunakan 1-2 sendok teh baking soda, lalu menggosokkannya di kulit kepala untuk menghilangkan minyak di rambut. Setelah itu sisirlah rambut hingga bersih. Ingat ya jangan sampai bubuk baking soda masih menempel di rambut karena akan dikira ketombe bagi yang melihatnya.

Baking soda bisa jadi deodorant

Kehabisan deodorant? tenang saja, baking soda bisa menjadi solusi yang baik untuk mengatasi bau badan.Gosokkan deodoran di area ketiakmu, bisa juga saat mandi hingga tak meninggalkan sisa. Baking soda akan meninggalkan kesan dingin dan segar setelah dipakai.

Berfungsi jadi pasta gigi dan pemutih gigi

Tentu sudah biasa kita mendengar pasta gigi yang mengandung baking soda. Memang benar, keberadaannya sangat bermanfaat untuk menghilangkan plak dan memutihkan gigi. Kita bisa mencampur 1 sendok baking soda dengan air lalu dibuat pasta yang digosokkan ke gigi.

Mendetoks racun dalam tubuh dan merelaksasi

Tuangkan satu cangkir baking soda dan 1/4 cangkir baby oil ke dalam bath tubuh. Saat berendam ramuan ini dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, menghilangkan gatal dan menyejukkan kulit. Tubuh makin terasa rileks.

Membersihkan kuku tangan dan kaki

Gunakan 1-2 sendok baking soda dalam sebaskom air hangat untuk merendam jari-jari kaki dan tangan. Maka seketika kotoran yang ada di celah-celah kuku akan terlepas. Disamping itu juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada kaki jika ditambahkan tea tree oil.

Mikrodermabrasi untuk wajah

Baking soda juga baik untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Campurkan baking soda dengan minyak esensial lavender, dan sedikit air lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan dan gosokkan perlahan. Setelah itu basuh dan oleskan madu. Wajah halus dan bersih seketika.

Facial Cleanser

Campurkan baking soda dengan minyak kelapa, lalu balurkan ke wajah untuk membersihkan wajah dari make up.

Body Scrub

Baking soda yang mengandung cetaphile merupakan scrub yang baik. Gunakan sebelum mandi seperti anda menggunakan lulur.

Memperbaiki kulit yang terbakar matahari

Kulit yang terbakar akibat sengatan matahari sebaiknya dikompres dengan campuran baking soda dan air, lalu gunakan waslap untuk mengompresnya, atau bisa juga kita berendam di bath tub yang telah ditaburi secangkir baking soda.