• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 17.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 085291771888
  • SMS/WA: 085352227888
  • info@tester.co.id
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Minuman Ini Belum Tentu Pembuat Masalah

02 Mei 2014 - Kategori Blog

Segelas anggur merah

Anggur (minuman)

Anggur (atau juga populer disebut dalam bahasa Inggris : wine) adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine). Kandungan alkohol dari minuman ini juga dapat diukur dengan menggunakan alat seperti Grape Wine Refractometer yang telah mampu mengukur tingkat alkohol pada minuman.

Anggur dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Ada beberapa jenis minuman anggur yaitu, Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine, dan Fortified Wine :

  • Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes). Beberapa jenis anggur merah yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir
  • White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). Beberapa jenis anggur putih yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc
  • Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda atau merah jambu yang dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine. Di daerah Champagne, kata Rose Wine mengacu pada campuran antara White Wine dan Red Wine
  • Sparkling Wine adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbon dioksida di dalamnya. Sparkling Wine yang paling terkenal adalah Champagne dari Prancis. Hanya Sparkling Wine yang dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut dan diberi label Champagne
  • Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi (residual sugar) sehingga membuat rasanya menjadi manis
  • Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa (antara 15% hingga 20.5%). Kadar alkohol yang tinggi ini adalah hasil dari penambahan spirit pada proses pembuatannya

Manusia telah membuat minuman anggur sejak sekitar lima ribu tahun yang lalu. Anggur adalah minuman yang populer di banyak negara. Negara-negara yang penduduknya meminum anggur paling banyak (menggunakan data tahun 2000) adalah : Perancis, Italia, Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Argentina, Britania Raya, Republik Rakyat Tiongkok, Rusia, dan Rumania.

Jika tolok ukur yang digunakan adalah angka per orang atau per kapita, daftar tersebut menjadi : Luxemburg, Perancis, Italia, Portugal, Kroasia, Swiss, Spanyol, Argentina, Uruguay, dan Slovenia. Anggur dibuat di banyak negara. Negara-negara yang membuat anggur terbanyak (menggunakan data tahun 2000) adalah : Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Argentina, Jerman, Australia, Afrika Selatan, Portugal, dan Chili. Satu-satunya wine buatan Indonesia yang dibuat dari anggur lokal adalah Hatten Wines dengan merk dagang TWOislands. Minuman ini belum tentu pembuat masalah, karena iapun juga memiliki manfaat dan kegunaan yang lebih bermanfaat jika dengan takaran tertentu.

Berikut Manfaat Dari Meminum Wine (Anggur) :

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan fenol atau flavonoid yang terdapat dalam wine merupakan antioksidan yang sangat kuat dan bermanfaat untuk merelakskan pembuluh darah sehingga mengurangi jantunguntuk bekerja terlalu keras. Selain itu, antioksidan kuat ini akan melindungi jantung dari serangan radikal bebas yang merusak.

Kelebihan terdapat pada red wine, yaitu fenol atau flavonoid pada wine ada dalam bentuk yang sederhana sehingga lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang terdapat dalam buah segar. Kandungan alkohol yang ada dalam wine akan menjaga flavonoid lebih stabil dan lebih bermanfaat.

Menurunkan Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesteroltinggi, meneguk wine dapat bermanfaat karena flavonoid yang terdapat di dalam wine dapat mencegah oksidasi LDL. White wine menjadi wine yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol karena dapat mengurangi LDL dalam darah.

Mencegah Timbulnya Kanker

Pada wine terdapat kandungan pterostilbene yang berguna untuk mencegah terjadinya kanker.

Membangun Tulang

Alkohol pada wine dapat meningkatkan aktivitas sel-sel pembangun tulangsehingga bermanfaat bagi tulang.

Mengurangi Gejala Alzheimer

Alzheimer yang merupakan penyakit yang menyerang otak dapat dikurangi dengan red wine. Otak dapat berfungsi dengan lebih baik karena wine akan menambah aliran darah ke otak sebanyak 30%.

Mengatai Insomnia

Adanya hormon melatonin yang biasa membuat kita mengantuk pada wine akan membantu seseorang yang mengalami sulit tidur. Hormon ini juga bersifat menenangkan yang akan membuat tidur lebih lelap.

Manfaat Untuk Kulit

Kulit dapat menjadi lebih cerah dan merona karena kandungan antioksidan dalam bentuk yang mudah terurai tubuh. Kandungan antioksidan pada wine juga lebih kuat daripada vitamin E yang membantu membuat kulit lebih indah.

Terlepas dari suka atau tidak suka, ternyata manfaat minum wine bagi kesehatan tubuh sangat banyak, asal diminum dengan teratur dan tidak berlebihan.

, , , , , ,