• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 17.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 085291771888
  • SMS/WA: 085352227888
  • info@tester.co.id
  • Layanan Online:
Terpopuler:

Buah Dengan Berbagai Manfaat

30 April 2014 - Kategori Blog

Taiwan 2009 Tainan City Organic Farm Watermelon FRD 7962.jpg

Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Buah dengan berbagai manfaat ini biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan : bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah. Buah ini juga dapat diukur tingkat kemanisannya dengan menggunakan alat seperti Refractometer Brix Pen-Pro yang berguna sebagai alat pengukur tingkat kemanisan pada makanan maupun buah semangka ini.

Manfaat :

Penghalus kulit dan penghilang flek hitam

Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk, masukkan 3 sendok serbuh semangka ke dalam jus lidah buaya atau satu buah mentimun.. kemudian aduk rata, gunakan sebagai masker.

Obat Kencing Manis

potong kulit buah semangka dan jambu biji yang masih mengkal, lalau rebus dengan 3 gelas air samapi tersisa segelas dan minum setelah dingin.

Mengeluarkan cacing usus

Rebus dengan api kecil biji semangka segar ( 6 sendok makan) dengan 1 liter air selama 45 menit, setelah dingin di saring dan diminum sehari tiga kali.

Obat Infeksi Kandung Kemih

Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air samapi mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampi dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan.

Mengatasi tekanan darah tinggi

sehari minum 2 gelas jus buh semangka atau bisa tanpa di jus

Obat Sariawan

Saat mengupas buah semangka, sebaiknya bagian hijau dari semangka jangan di buang. bagian hijau dari buah semangka bisa mengobati sariawan.

Mengatasi Hipertensi dan Anemia

Kandungan air dan kalium yang tinggi dapat menetralisasi tekanan darah. Pemanfaatanya dengan memakan buah semangka secara langsung.

Sebagai Anti Oksidan

membantu sel-sel tubuh tetap sehat.

Memperbaiki kualitas Sperma

Kandungan likopenya dapat meningkatkan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. (percobaan All India Institute of Sciences New Delhi)

Mengatasi gangguan air

Semangka mampu merangkan keluarnya air seni lebih deras

Membersihkan ginjal

Kandungan semangka akan meningkatkan pengeluaran urine.

Penurunan demam dan bau nafas

Memakan 500-1000g buah semangka dapat menurunkan demam.

Anti Radikal Bebas

Kandungan Likopen dalam semangka dapat mengkal radikal bebas.

Membuat wajah cerah dan halus

Kandungan likopen dalam semangka dapat membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.

Anti Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mematikan. Kandungan likopen dalam buah semangka dapat menumpas bibit kanker.

Membantu daya ingat

Semangka dapat meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. konsumsilah semangka 1/4 potong seharinya.

Mengatasi Rambut Rontok

Kulit semangka yang digosokkan ke kulit kepala mampu mencegah kerontokan rambut, sebaiknya dilakukan sore hari.

Mengobati kulit gatal karena tanaman beracun

Caranya dengan menggosokkamaan tubuh yang gatal dan kemerahan dengan menggunakan buah atau kulit semangka.

Mengobati kudis, jerawat, biang keringat

Kulit semamgka yang sudah direbus, dipakai untuk mencuci muka yang berjerawat, kulit yangberkudis ataupun biang keringat.

Obat Busung Lapar

Caranya biji semangka dijemur samapi kering, lalu digiling menjadi serbuk, ambil serbuk sebanyak satu sendok makan, lalu seduh dengan tiga perempat cangkir panas. setelah hangat tambah satu sendok madu. aduk secara merata terus minum.

Mengatasi pusing saat terkenan panas matahari

Dengan meminum jus semaangka sebanyak 1-2 cangkir.

“WARNING !!!”
Buah semangka jangan dimakan dengan gula aren karena dapat berbentuk racun. Racun ini dapat mengakibatkan diare, kejang-kejang samapi kematian.

 

, , , , ,